Pages

Kamis, 10 November 2011

Helen Keller wanita yg sepnjng hdpny dlm kesunyian & kegelapan

Apakah anda pernah merasakan kesunyian yang begitu mencekam?
Karena anda tidak dapat MENDENGAR?
Apakah anda pernah merasakan kegelapan yang sedemikian pekat?
Karena anda tidak dapat MELIHAT?

Bagaimanakah jika anda harus merasakan KESUNYIAN dan KEGELAPAN SEKALIGUS?
Karena anda Buta & Tuli?

Apa yang akan anda lakukan?
Meratap sepanjang hidup?
Bunuh diri?
Atau...
Terus Berjuang
Agar dapat tetap berguna bagi orang lain

Pada tanggal 27 Juni 1880. Pada sebuah rumah didaerah Ivy Green, Tuscumbia, Alabama
Lahirlah...seorang bayi perempuan yang sehat dan lucu
TETAPI Kemalangan tidak dapat dihindari. Pada bulan Februari 1882, ketika ia berumur 19 Bulan...Demam dan panas yang sangat tinggi menyerang gadis cilik tersebut.
Kematian...terasa sudah hampir mendekat... Namun..keajaiban terjadi. Gadis cilik yang mendekati ajalnya itu sehat kembali
Setelah kesembuhannya, ternyata dunia yang dihadapinya GELAP dan SUNYI. .
Panas yang tinggi, merusak MATA dan sekaligus PENDENGARANNYA.
Waktu terus berjalan...Gadis itu hanya dapat merasakan sesuatu dengan Meraba dan mencium. Orang akan menangis, jika tahu bahwa ia ingin sepotong roti, tetapi ia tidak tahu cara memintanya. Ia akhirnya dapat mengenali orangtuanya, dengan meraba wajah dan pakaiannya Ia tahu bahwa ia sedang berada diluar rumah karena aroma tanaman disekelilingnya Karena setiap komunikasi yang dilakukan hanya berjalan searah, ia menjadi sangat marah dan frustasi. Keluarganya tidak dapat lagi mengendalikan kelakuannya. Akhirnya pada tahun 1887, ketika ia berumur 7 tahun, datanglah seorang guru wanita yang sangat sabar. Ia sangat mengerti kemarahan gadis itu dan perlahan dapat merubah kelakuannya.

Gadis cilik itu mulai diajarkan tentang alphabet melalui telapak tangannya
Betapa bahagianya gadis itu, ketika ia diajak ke sebuah pompa air tua
Ia dapat merasakan sentuhan air yang membasahi tangannya
Gurunya menyentuh tangannya yang lain untuk mengejakan huruf W-A-T-E-R (AIR). Ia mulai mengetahui bahwa setiap benda di dunia ini mempunyai nama. Gadis itu mulai diajarkan huruf Braille dan Tadoma yang sangat sulit, yaitu membaca bibir seseorang dengan menyentuhnya. Pada tahun 1888. Gadis yang baru berumur 8 tahun itu, mulai memasuki dua sekolah formal, yaitu untuk penderita buta dan tuli.Gurunya selalu menemani, menterjemahkan, dan membacakan buku-buku pelajarannya Ia terus berjuang untuk dapat berbicara, meskipun banyak orang disekelilingnya tidak dapat mengerti. Ia menjadi sangat terkenal karena kegigihan didalam mengatasi kekurangannya.

"Janganlah memohon kepada Tuhan agar tugas yang diberikan setara dengan kekuatan kita tetapi mintalah kekuatan, agar dapat melaksanakan tugas kita"

Ia mulai menguasai manual alphabet, membaca bibir, menulis dengan mesin tik dan huruf braille serta dapat membaca buku dalam bahasa Yunani, Latin, Perancis dan Jerman. Ia akhirnya lulus dan melanjutkan sekolahnya di Radcliffe College tahun 1900.
Pada tahun 1904, ia lulus dengan predikat sangat memuaskan. Diperguruan tinggi, ia mulai menulis tentang dirinya dalam buku "The Story of My Life", yang telah diterjemahkan dalam 50 bahasa.
Ia menjadi seorang penulis, pembicara dan dosen yang sangat terkenal. Ia juga berjuang untuk orang-orang buta dan tuli serta persamaan hak dengan mengumpukan dana bagi mereka.

"Sesuatu yang baik dan terindah didunia ini tidak dapat dilihat ataupun disentuh...Kau harus merasakannya denga hatimu"

Banyak tokoh-tokoh terkenal ingin bertemu dengannya. Ia bertemu dengan presiden-presiden amerika dari Grover Cleveland (1885) sampai presiden Lyndon B Johnson (1963). Ia juga mempunyai peranan pentik dalam membuat dunia memperhatikan kaum buta, bisu dan tuli.
Banyak penghargaan yang diraihnya antara lain :
"America's First Lady of Courage" dari U.S Congress
"The Lions Humanitarian Award"
"The Presidental Medal of Freedom"
"The Women's Hall of Fame"
dan mendapat 2 Piala Oscar untuk filmmya serta mendapat bayak gelar dari beberapa Universitas di dunia.

Buku-bukunya menjadi inspirasi dan membuka pikiran kaum muda di masa kini dan yang akan datang,tentang keberanian dan perjuangan yang gigih dalam mengatasi kekurangan diri dan membantu orang lain.Ia dijuluki sebagai "Keajaiban dunia yang kedelapan".

"Saya percaya, walaupun dalam tahun-tahun kesunyian dan kegelapan, Tuhan menggunakan hidup saya untuk sesuatu tujuan yang tdak saya ketahui"

Pada tanggal 1 Juni 1968 seluruh dunia berkabung ....Helen Adams Keller meninggal dunia pada umur 88 tahun

"Saya hanyalah satu, tetapi saya satu. Saya tidak dapat melakukan semuanya tetapi saya masih dapat melakukan sesuatu. Dan karena saya tidak dapat melakukan semuanya, Saya tidak dapat menolak sesuatu yang saya dapat lakukan"

"Biarlah mereka mengambil mataku, mereka mengambil telingaku, mereka mengambil lidahku tetapi Tuhan tidak membiarkan mereka mengambil hatiku. Walau hanya itu yang kumiliki, aku masih dapat memiliki semuanya...."

Semua kekayaan yang dimilikinya disalurkan melalui HELLEN KELLER FOUNDATIONS yang membantu riset dan pendidikan bagi pengobatan dan upaya pencegahan kebutaan dan tuli, dalam upaya mengurangi jumlah kasus hilangnya penglihatan dan pendengaran.

0 komentar:

Posting Komentar